Mahameru








16-17 Mei 2015


Perjuangan waktu itu berdesakan dengan ratusan, mungkin ribuan orang dengan tujuan sama yaitu puncak Mahameru. Belum lagi dilema antara memakai masker atau tidak, kalau memakai masker susah nafas karena oksigen yang terbatas. Sedangkan kalau ndak make masker debu dan bau abu juga bikin sesak dan batuk.

Bayangkan betapa susahnya melangkah di pasir yang setia memelorotkan langkah kalian dengan sudut kemiringan 45 - 60 derajat. Naik satu langkah melorot lagi, naik lagi melorot lagi, persisi kayak PDKT-in cewek. Apalagi depan dan belakang diapit pendaki lain, pas kita lagi kuat, eh yang depan lagi berhenti alhasil kita mau tidak mau harus menunggu, pas kita gak kuat mau istirahat eh yang belakang nyuruh terus, kan kampret.


Sedangkan dipinggiran udah bergelimpangan pendaki lain yang lagi sitirahat, mau pinggiran lagi ? Nyemplung jurang. "cuman 4 jam kok tif dari kalimati ke puncak" kata teman saya yang sudah pernah muncak saat sebelum berangkat. Sedangkan realitanya akibat membeludaknya pendaki, dari kalimati saya membutuhkan waktu 10 jam baru sampe puncak. 



istirahat bentar
Karena diluar perhitungan itu mengakibatkan kehabisan logistik ditengah perjalanan, alhasil badan meriang lemes ndak karuan. Sesekali kami minta sedikit air agar bisa sampe ke puncak. Total PP kalimati puncak Mahameru sekitar 15 jam. Tapi saya ndak nyesel kok, karena bisa saya ceritakan ke anak cucu saya nanti.



saat dipuncak

saat turun tinggal merosot doang


4 komentar

Mbookkk guaaullllll waaah!!!!!!!!!! Aku dadi pengen. Tapi kok sampek 10 jam yo? Opo ancen ruame buanget mas? Moso sampe ewunan?

Tapi siji sing pengen tak takokno, iku pean ndek puncak nganggo tas werno pink ta?

iyo sampe ewunan... iku teko kalimati sampe puncak koyok jalan raya... lampu senter kelap kelip wakeh...

wkwkw tas gae muncak tas cilik wernoe magenta :D

Buset kalimati-puncak = 10 jam
Masa puncak-kalimati = 5 jam
Itu baliknya jalan apa ngesot?

Buset kalimati-puncak = 10 jam
Masa puncak-kalimati = 5 jam
Itu baliknya jalan apa ngesot?