Wiji Thukul



Wiji thukul.


wiji thukul


para penguasa orde baru sepertinya ditakdirkan untuk melawan orang yang sangat gigih seperti wiji thukul, seorang penyair yang tak kenal menyerah untuk memperbaiki kaum minor. Setiap bait puisinya mengandung kata-kata yang sederhana tapi mampu membuat para penguasa orde baru ketar-ketir. Sehingga puncaknya sang penguasa (diduga) menghilangkan sang proklamator. 

saya membaca puisinya pada saat jaman (yang katanya) demokrasi sajah berkobar-kobar, apalagi pada saat jaman itu saya tidak bisa membayangkan bagaimana berpengaruhnya puisi-puisi beliau terhadap perlawanan rakyat pada kesewenang-wenangan penguasa rezim orde baru. Wajar jika para jendral marah-marah dan berusaha meruntukan nyanyian akar rumput yang dinyanyikan lantang olehnya. 

ada satu puisi karya wiji thukul yang dinyanyikan anaknya Fajar Merah, yang menurut saya mengharukan. Anak yang rindu sama bapaknya, anak yang dibesarkan oleh penyair pelo itu akhirnya meneruskan perjuangan bapaknya dengan caranya sendiri. Menyanyi.

fajar merah


ini puisi yang dijadikan lagu oleh fajar merah

Bunga dan Tembok

seumpama bunga 
kami adalah bunga 
yang tak kau kehendaki tumbuh
engkau lebih suka 
membangun rumah dan merampas tanah 

seumpama bunga 
kami adalah bunga
yang tak kau kehendaki adanya
engkau lebih suka membangun
 jalan raya dan pagar besi 

seumpama bunga 
kami adalah bunga 
yang dirontokkan di bumi kami sendiri

jika kami bunga 
engkau adalah tembok itu
tapi ditubuh tembok itu
telah kami sebar biji-biji
suatu saat kami akan tumbuh bersama
dengan keyakinan engkau harus hancur!

dalam keyakinan kami 
dimana pun tirani harus tumbang !

wajib didengerin hehehehehe.



Dan saat kemarin saya ke gramedia ternyata ada buku terbitan baru yang memuat kumpulan lengkap puisi wiji thukul. Sekilas saya membacanya memang lebih lengkap dari buku-buku yang sebelumnya diterbitkan. Tanpa pikir panjang saya membungkusnya hehehe. Bagi yang ingin membelinya murah kok. 

sudah dulu ya men saya mau membaca puisi wiji thukul lagi.

bye bye.


kekejaman kalian adalah buku pelajaran yang tak pernah ditulis - wiji thukul.


23 komentar

wiji thukul, sang legendaris. dimana puisinya mak jleb daaaah....
gue sampe nangis . itu yang membuat kita semangat

wiji tukul tuh hebat kayak ya ??? jadi pensaran mengulik si wiji tukul nih

aku kok baru tau ada "Wiji Thukul" ya? aduuuh kemana saja aku ini :(
beberan dia dilenyapkan oleh sang penguasa? kasian
semoga anaknya bisa membawa perubahan tapi melalui nyanyian serta kritikan pedasnya, semogaaa
jadi pengin baca karya-karyanya nih

Ternyata ada penyair yang bernama Wiji Thukul, kok saya nggak tau ya? Kayaknya saya kelamaan di kamar mandi, samapai nggak tau ada penyair yang karyanya sukses membuat para jenderal marah-marah.

wah setahuku dia sastrawan hebat, walau cuma pernah denger aja.. ujungnya dia hilang kan ya? *takut salah ey*

gue baru tau sama wiji thukul ini ntah kenapa apa karena gue yang kudet atau karena apa ntah deh gak tau. gue searching dulu ah mengenai beliau.. :)

Baru denger sih nama Wiji Thukul, mungkin karena gue kurang baca buku sejarah kali yak..hehehe
Keren kayaknya buku dia, puisinya yg lo posting aja bahasanya santai tapi nusuk berani banget :)))

geraknya / karya pun untuk Indonesia. Sungguh semuanya untuk Indonesia. Semoga du era ini semakin banyak yang ada Wiji Thukul berikutnya.

sekilas karyanya mengingatkan saya pada karya iwal fals :-D
karya yang dipersembahkan untuk tanah air.

gue baru tau wiji thukul dari elo ini. apakah sebagai laki-laki gue telah gagal?

dan ada bukunya di gramedia, harganya murah itu berapa? kenapa gak sekalian dikasih tau sih -___-

:P kan sekarang udah tau hehehe

iya beneran... banyak yang bilang gitu.

di buku sejarah gak ada, adanya di buku puisi :D

gagal banget hahahaha


ya langsung cus ajah ke gramed :D

Ah iya, aku juga pernah baca artikel tentang beliau ..
Tapi belum sempet baca karyanya sih. Karya berupa lagu itu jleb banget ya

Aku belum pernah baca karyanya. Aku malah tau beliau pun baca sekilas dan... Sebagai orang pelupa, aku merasa payah-__-

Kayaknya bisa nih baca-baca puisi biar bisa belajar bikinnya juga dari karya beliau. Keluar dari zona nyaman genre selama ini.

Gue baru tau tentang beliau dari tulisan ini. KUDEEET!! Padahal mungkin waktu zaman gue sekolah pasti ada yee puisi Wiji Thukul di laman buku pelajaran bahasa Indonesia tentang puisi. Gue gak nyimak. Gue gak pekaaaaaaa. Hiks.

Mau gue telisik lebih dalem deh gimana beliau ini.

sumpah, aku baru tau si Wiji Thukul dari postingan ini.
kenapa aku parah banget yah -__-
puisi beliau emang bagus ya, rugi banget baru tau beliau sekarang -__-

Aku... Baru tau. Asli! Aku baru tau! Ya ampun kemana aja aku selama ini?! #BLETAK *ditampar pake iPad (?)* Oke, abaikan.
Puisinya bagus banget. Acungin jempol deh *nyengir sambil ngacungin jempol*
Sepertinya aku harus tau lebih banyak tentang beliau.